Selamat datang kepada pembaca di Blog Aggregator ADK UMY.

Bagi ADKers yang mau daftarin blognya, silahkan japri via imel ke akashiroo@gmail.com.

Terima kasih.
Admin.


Kapasitas vs Loyalitas

Dalam perjalanan sebuah organisasi setiap fase pertumbuhannya ternyata berpengaruh pada sejumlah sumberdaya manusia yang mengiringi keberadaannya. Saat organisasi baru tumbuh dan berkembang, loyalitas menempati urutan pertama karakter para pengisi lembaganya, berikutnya semakin organisasi tersebut tumbuh besar ternyata loyalitas semakin secara proporsional berkurang.


Kapasitas secara bertahap kemudian akan mengiringi berkurangnya loyalitas yang ada. Nah, idealnya, di titik equilibrium atau titik tengah pertumbuhan organisasi, loyalitas dan kapasitas bisa secara seimbang terjadi. muncullah dari kesetimbangan tersebut sebuah harmoni yang bukan saja akan memperkokoh organisasi namun juga akan semakin menambah bobot organisasi.

Namun ternyata di lapangan terjadi banyak varians pertumbuhan sebuah organisasi. ada organisasi besar yang isinya ortang-orang kerdil. ada pula sebaliknya, ada organisasi kecil namun isinya justeru orang-orang besar di dalamnya. atau ada pula yang tidak jelas bentuk dan isinya.

Banyak organisasi yang kepayahan membangun dirinya sendiri. saat yang sama, ada pula organisasi yang secara pertumbuhan bisa meningkat namun ia gagal untuk berkembang. ini yang mengkhawatirkan, dalam persfektif organisasi justeru seperti itulah yang bisa berimplikasi serius terhadap sejumlah stekholders yang ada di sekitarnya.

organisasi seperti ini awalnya berangkat dari oragnisasi yang kecil. seiring waktu ia terus tumbuh membesar. nah, dalam pembesaran skala yang terjadi inilah ternyata tidak seimbang antara pertumbuhan dan perkembangannya. begitu pula di dalamnya, bisa juga saat yang bersamaan tidak terjadi harmoni antara loyalitas dan kapasitas sejumlah sumber daya yang dimilikinya.

lambat laut, disaharmoni akan terjadi. ketegangan demi ketegangan akan menyusul meramaikan organisasi dari dalam dan pada akhirnya...organisasi ini akan mati secara perlahan. mengenaskan dengan sekujur tubuh organisasi yang penuh luka dan kepedihan.

padang menjelang siang,8 novemver 2010

nana sudiana
__._,_._

Agregasi Blog ADK UMY

Modified by akashiroo_isurama (c) 2010
Not Copyrighted (C) 2011. Powered by Blogger.

Milist ADK

Tulisan Mungki Rahadian

Tulisan Nana Sudiana

nsudiana (10)